TUJUAN
PENDIDIKAN, VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Tujuan Pendidikan
- Perluasan
akses pendidikan bermutu bagi peserta didik yang berkeadilan dan inklusif.
- Penguatan
mutu dan relevansi pendidikan yang berpusat pada perkembangan peserta
didik.
- Pengembangan
potensi peserta didik yang berkarakter.
- Pelestarian
dan pemajuan budaya, bahasa dan sastra serta pengarus-utamaannya dalam
pendidikan.
- Penguatan
sistem tata kelola pendidikan dan kebudayaan yang partisipatif,
transparan, dan akuntabel
B. Visi
“Mewujudkan
Peserta Didik Yang Berkarakter, Berwawasan Luas dan Peduli Lingkungan Dalam
Semangat Pancasila”.
C. Misi
Berdasarkan
visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa
kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun misi yang dirumuskan berdasar visi
adalah sebagai berikut:
1. Menciptakan profil pelajar yang berakhlak
mulia dan rajin beribadah.
2. Menciptakan pembelajaran yang menarik,
menyenangkan dan berkarakter yang mampu memfasilitasi pelajar sesuai bakat dan
minatnya.
3. Meningkatkan manajemen satuan pendidikan
yang adaptif, berkarakter, dan menjamin mutu.
4. Menciptakan lingkungan sekolah sebagai
tempat perkembangan intelektual, sosial, emosional, keterampilan, dan
perkembangan budaya lokal dalan kebhinekaan global.
5. Menciptakan profil pelajar yang berakhlak
mulia, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif sehingga mampu mengreasi ide dan
keterampilan yang inovatif.
6. Menciptakan lingkungan yang ramah,
nyaman, dan menyenangkan bagi Peserta Didik.
7. Menciptakan sekolah yang berwawasan Adiwiyata
8. Menjamin hak belajar setiap anak tanpa
terkecuali termasuk anak yang berkebutuhan khusus (inklusi) dalam proses
pembelajaran yang menjunjung tinggi nilai gotong-royong.
9. Menciptakan partisipasi aktif orangtua
dan masyarakat dalam keberagaman yang mewadahi kreativitas pelajar yang berjiwa
kompetitif.
10. Menjalin kerjasama dengan Pesantren
lingkungan sekolah dan lembaga lainnya.
D. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai SD Negeri 1
Ciputat sebagai bentuk mewujudkan visi sekolah yang
telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
a. Membentuk peserta didik yang beriman dan
berakhlak mulia.
b. Mendorong peserta didik untuk mampu
mengreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada
budaya lokal.
c. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang
memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan
ide dan gagasan.
d. Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah
yang menunjang peserta didik dalam mengreasikan ide/gagasan yang berakar pada
nilai budaya lokal.
e. Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam
pelaksanaan kegiatan berbasis proyek yang mengedepankan jiwa kegotong-royongan.
1.
Tujuan Jangka
Menengah ( 2-3 Tahun )
a. Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan profil
peserta didik pancasila.
b. Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keragaman potensi,
minat dan bakat serta kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan
kinestetik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.
c. Memfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkatkan budaya
disiplin beribadah serta kesadaran hidup sehat
d. Membekali peserta didik dengan keahlian berfikir kreatif dan
berfikir kritis.
e. Membekali peserta didik dalam penguasaan digital
f.
Memfasilitasi peserta didik memiliki
kepekaan (sensitivitas), kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasi keindahan
dan keseimbangan (harmoni), hidup bermasyarakat, berguna untuk orang lain
2.
Tujuan Jangka
Panjang (4 tahun)
- Merancang pembelajaran yang mengedepankan
ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang
harmonis.
- Membentuk peserta didik yang memiliki
kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang
beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan
mencintai lingkungan dan bangsanya.
- Menghasilkan lulusan yang mampu
mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata.
- Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya
untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan
bangga dalam kegotong-royongan.
- Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi
sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung
budaya lokal.
- Mempunyai life skills yang mampu
beradaptasi dengan perkembangan zaman.
- Mampu mengreasikan ide/gagasan yang
dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam
kebhinekaan global.
- Mempunyai karakter yang sopan, santun dan
mandiri, kreatif, yang mampu bersaing sesuai perkembangan zaman.
- Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk
mengembangkan proses perkembangan intelektual, emomsional, sosial,
keterampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan
kondisi masin-masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong-royong.
- Menjadikan masyarakat dan orangtua sebagai
mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah.
- Menjadikan pesantren dan lembaga lain
sebagai mitra kerja sekolah.