SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI SD NEGERI 1 CIPUTAT,CREATIF,EDUKATI,RENPONSIF,DINAMIS ,AGAMIS DAN SANTUN

Kencana Puspa: Strategi Kreatif Meningkatkan Minat Belajar dan Literasi Siswa SD Negeri 1 Ciputat di Era Digital


Kencana Puspa: Strategi Kreatif Meningkatkan Minat Belajar dan Literasi Siswa SD Negeri 1 Ciputat di Era Digital
oleh: Imas Sumiarsih


Pendahuluan

Kemajuan teknologi dan informasi, di era digital ini pendidikan menghadapi tantangan kompleks untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pengaruh minat belajar dari berbagai faktor  internal dan eksternal terutama peran dari keluarga, sangat penting untuk prestasi akademik. Pentingnya mengeksplorasi strategi untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui sinergi antara keluarga dan sekolah, dan perlu mengadaptasi metode pembelajaran dengan teknologi, serta inovasi dalam pendekatan pendidikan. Sangat penting adanya kolaborasi yang erat antara keluarga dan sekolah dengan harapan terciptanya lingkungan pembelajaran inklusif, efektif, serta relevan, siswa semakin termotivasi dalam mencapai potensi terbaiknya. Lingkungan   pendidikan menurut Abdul Latief (2023)   antara    lain  mencakup:  1) lingkungan keluarga, dan 2) lingkungan sekolah. Lingkungan keluarga adalah segala  kondisi  dan  pengaruh  dari  luar  terhadap  kehidupan  dan  perkembangan  anggota keluarga,  antara  lain:  cara    orang    tua    mendidik,    relasi    antar    anggota    keluarga,    suasana  rumah,    keadaan    ekonomi  keluarga,    pengertian    orang    tua,    latar    belakang    kebudayaan.

Menurut Mohammad Nur Arif, dkk (2025), strategi  pembelajaran  berfungsi  sebagai  pedoman  untuk  merancang  proses  belajar  yang terstruktur dan efektif guna mencapai tujuan pendidikan. Dalam hal ini, strategi yang diterapkan secara  tepat  dapat  menumbuhkan  minat  belajar  siswa,  yang  ditunjukkan  melalui  rasa  senang, perhatian terhadap pelajaran, ketertarikan pada materi, dan partisipasi aktif. Minat belajar menjadi elemen  penting  karena  mempengaruhi  motivasi  siswa  untuk  terlibat  secara  mendalam  dalam pembelajaran, sehingga berdampak positif pada hasil akademik mereka.

Sebagai pelaksana program Sekolah Penggerak angkatan 2 Kabupaten Kuningan, SD Negeri 1 Ciputat menyadari bahwa pendidikan di era digital selain akademik,  juga mengembangkan karakter dan sosial-emosional. Oleh karena itu, SD Negeri 1 Ciputat memprioritaskan keterampilan seperti empati dan komunikasi yang sangat penting untuk kesuksesan siswa di masa depan.  Kerjasama pihak sekolah dan keluarga diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang dapat mendukung pengembangan holistik siswa.


Deskripsi Praktik Baik Kencana Puspa yang diterapkan di SD Negeri 1 Ciputat

Tujuan dari Praktik Baik Kencana Puspa yang diterapkan di SD Negeri 1 Ciputat

Kencana Puspa bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD Negeri 1 Ciputat, dalam menciptakan lingkungan pembelajaran menyenangkan dan interaktif, di mana siswa merasa termotivasi untuk belajar.

         Langkah-langkah yang digunakan dalam Pembelajaran di SD Negeri 1 Ciputat

a.    Menganalisis Situasi Awal, sebagai berikut: 

      amelakukan analisis data rapor pendidikan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam            kemampuan literasi dan numerasi siswa.

      bmelaksanakan pertemuan dengan orang tua untuk menyampaikan dan mendisukusikan tantangan             yang terjadi dalam proses belajar anak-anaknya.

b.   Menyusun Rencana Program:

     amenentukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan harapan para orang      tua siswa.

b)mengembangkan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai Pancasila yang dapat diintegrasikan

   dengan teknologi, seperti digitek asoii (juara 1 ).

Implementasi Kegiatan Belajar

melaksanakan sesi pembelajaran termasuk kegiatan membaca bersama sebelum jam pelajaran dimulai dengan kencana puspa, seraju geulis, dan literasi malam belajar di rumah (lima jarum).

Merancang Program Kolaboratif

mengembangkan program kolaborasi yang melibatkan para orang tua siswa dalam kegiatan pembelajaran, dengan partisipasi orang tua siswa sebagai narasumber tamu.

     

       Media yang digunakan dalam Impementasi Program di SD Negeri 1 Ciputat

a.    melaksanakan program kencana puspa menyediakan bahan bacaan bermutu, berkualitas, dan relevan di perpustakaan sekolah. 

b.   menerapkan teknologi melalui pemanfaatan chromebook dengan pembelajaran canva dan workspace education seperti google classroom untuk membuat materi pembelajaran lebih bermakna, menarik, dan terintegrasi. (digitek asoii).

c. mengimplementasikan quizizz sehingga pembelajaran menjadi interaktif dan lebih menarik bagi siswa.

d.    menayangkan video edukatif dari youtube untuk referensi dan memperkaya materi pelajaran.


Hasil dan Dampak

Program Kencana Puspa di SD Negeri 1 Ciputat telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Berdasarkan data Rapor Pendidikan Tahun 2023, terjadi peningkatan capaian kemampuan berliterasi dan bernumerasi di atas 100%, yang menunjukkan bahwa siswa mulai memahami konsep dasar dan muncul kepercayaan dirinya.

Dampak dari program ini tidak hanya terasa pada siswa, tetapi juga pada orang tua, dan guru di komunitas sekolah. Keterlibatan aktif orang tua dalam kegiatan sekolah telah menciptakan ikatan yang lebih kuat antara rumah dan sekolah. Orang tua melaporkan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dalam mendukung pembelajaran anak-anak mereka, sedangkan siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan antusiasme dalam belajar. Interaksi yang mereka lakukan juga membangun budaya literasi yang lebih baik di lingkungan sekolah dan masyarakat.

       Perubahan atau Peningkatan yang dicapai oleh SD Negeri 1 Ciputat:

Setelah melaksanakan program Kencana Puspa, beberapa perubahan dan peningkatan yang terlihat diantaranya:

a.    Meningkatnya kesadaran  pentingnya literasi di kalangan siswa dan orang tua, dengan banyak siswa   meluangkan waktu untuk membaca.

b.    Guru-guru mulai mengadopsi berbagai metode pengajaran yang lebih kreatif dan interaktif.

c.    Meningkatnya partisipasi orang tua siswa pada program sekolah, termasuk mendampingi anak-anak   saat membaca dan terlibat dalam kegiatan literasi yang diadakan di sekolah.

       Refleksi atau Evaluasi Terhadap Hasil yang Dicapai:

Pelaksanaan program Kencana Puspa memberikan banyak pelajaran kepada seluruh pemangku kepentingan di SD Negeri 1 Ciputat. Salah satu refleksi utama adalah pentingnya kolaborasi warga sekolah. Perubahan sikap dan pendekatan ini berdampak terciptanya iklim sekolah lebih inklusif dan mendukung.

Selanjutnya sebagai bahan evaluasi program Kencana Puspa dilakukan melalui beberapa pendekatan:

a. Mengadakan survei atau wawancara sebagai umpan balik dari orang tua dan siswa guna mengumpulkan testimoni mengenai manfaat dan tantangan yang dihadapi selama program. Hal ini menjadi masukan berharga untuk perbaikan di masa mendatang.

b.  Pertemuan rutin secara berkala diadakan antar guru untuk membahas kemajuan yang dicapai dan tantangan yang dihadapi dalam komunitas belajar..

c. Mendokumentasikan seluruh proses pelaksanaan program, termasuk kegiatan yang dilakukan, kehadiran, dan hasil yang dicapai berupa jurnal kegiatan untuk menjadi acuan dalam perencanaan program ke depan.

 

Kesimpulan

Program Kencana Puspa di SD Negeri 1 Ciputat telah berhasil dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, merupakan strategi yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan minat belajar siswa era digital di SD Negeri 1 Ciputat dengan capaian yang signifikan dalam Rapor Pendidikan tahun 2023 dan tahun 2024. Melalui kolaborasi antara siswa, guru, dan orang tua, program ini tidak hanya memperbaiki aspek akademik, tetapi juga menciptakan pembelajaran menyenangkan dan kreatif. Kegiatan literasi dengan melibatkan orang tua memberikan dampak positif terhadap minat baca anak, serta menciptakan kemitraan yang lebih kuat antara sekolah dan keluarga.

Namun, tantangan dalam pemahaman teknologi dan akses ke perangkat pembelajaran tetap menjadi perhatian. Oleh karena itu, penting untuk melanjutkan inovasi dan pengembangan program guna memastikan keberlanjutan dan peningkatan hasil pendidikan di masa depan.

         Rekomendasi:

a.  Mengadakan pelatihan berkala baik luring maupun daring untuk guru tentang metode pengajaran literasi dan numerasi yang inovatif.

b.   Menginvestasikan dalam fasilitas teknologi di sekolah dan memberikan akses kepada siswa di rumah untuk mendukung pembelajaran berbasis digital dan peningkatan keterampilan literasi digital.

c. Melanjutkan dan mengembangkan program Kencana Puspa dengan menambahkan kegiatan yang lebih variatif, seperti diskusi buku, kompetisi membaca, dan kolaborasi dengan komunitas lokal untuk meningkatkan keterlibatan public atau masyarakat.

d. Membangun kemitraan dengan institusi pendidikan dan perpustakaan daerah guna mendapatkan sumber daya tambahan, buku bacaan berkualitas, dan dukungan dalam bentuk program-program literasi yang dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa.

e. Meningkatkan promosi atau sosialisasi mengenai keberhasilan dan manfaat dari program Kencana Puspa kepada masyarakat luas untuk mendapatkan dukungan dan minat dari pihak luar berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di SD Negeri 1 Ciputat.


Daftar Pustaka

 

1.Kemendikbudristek. (2024). Program Sekolah Penggerak. (https://bbgpjabar.dikdasmen.go.id/layanan/program-sekolah-penggerak/, diakses 7 April 2025).

2.  Latief, A. (2023). Peranan Pentingnya Lingkungan Belajar Bagi Anak. Jurnal Kependidikan Vol. 7 (2), 61-66 (https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1126, diakses 7 April 2025).

3.  Nur Arif, M, dkk. (2025). Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Siswa  Melalui Pendekatan Deep Learning, Junal Muassis Pendidikan Dasar  Vol. 4 (1), (https://muassis.journal.unusida.ac.id/index.php/jmpd/article/view/989, diakses 7 April 2025).

4. Sumiarsih, I. (2024). Upaya Meningkakan Cappaian Rapor Pendidikan Melalui Inovasi “Digitek Asoii,” (https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/295431, diakses 7 April 2025).

5. Sumiarsih, I. (2024). Kencana Puspa: Sebagai Upaya Mendongkrak Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD Negeri 1 Ciputat, (https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/665375, diakses 7 April 2025).

6. Sumiarsih, I. (2024), Video Pengenalan Sekolah oleh Narasumber Asyik (PESONA SDUCI), ( https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/793764, diakses 7 April 2025).

7. Sumiarsih, I. ((2023), Video Juara 1 Praktik Baik Digitek Asoii dan Penganugerahan ATRAKSI BBGP Provinsi Jawa Barat, (https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/538848, diakses 7 April 2025).

8. Sumiarsih, I. (2023), Video Seraju Geulis, (https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/441103, diakses 7 April 2025).

 


Lampiran


Dokmentasi Kegiatan

 

1.      https://youtu.be/zEsy9TVorC4?si=qgqCdJAiEKsyfBGA

 

2.      https://youtu.be/_5wSuV_FbgQ?si=jRJN3-7lvq5UagGj

 

3.      https://youtu.be/pZaTGdu7egM?si=kEVhBR5fh34WVuAp




 

Berbagi