Pendahuluan
Kemajuan
teknologi dan informasi, di era digital ini pendidikan menghadapi tantangan
kompleks untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pengaruh minat belajar dari
berbagai faktor internal dan eksternal
terutama peran dari keluarga, sangat penting untuk prestasi akademik.
Pentingnya mengeksplorasi strategi untuk meningkatkan minat belajar siswa
melalui sinergi antara keluarga dan sekolah, dan perlu mengadaptasi metode
pembelajaran dengan teknologi, serta inovasi dalam pendekatan pendidikan. Sangat
penting adanya kolaborasi yang erat antara keluarga dan sekolah dengan harapan terciptanya
lingkungan pembelajaran inklusif, efektif, serta relevan, siswa semakin termotivasi
dalam mencapai potensi terbaiknya. Lingkungan
pendidikan menurut Abdul Latief (2023)
antara lain mencakup:
1) lingkungan keluarga, dan 2) lingkungan sekolah. Lingkungan keluarga adalah
segala kondisi dan
pengaruh dari luar
terhadap kehidupan dan
perkembangan anggota keluarga, antara
lain: cara orang
tua mendidik, relasi
antar anggota keluarga,
suasana rumah, keadaan
ekonomi keluarga, pengertian orang
tua, latar belakang
kebudayaan.
Menurut
Mohammad Nur Arif, dkk (2025), strategi
pembelajaran berfungsi sebagai
pedoman untuk merancang
proses belajar yang terstruktur dan efektif guna mencapai
tujuan pendidikan. Dalam hal ini, strategi yang diterapkan secara tepat
dapat menumbuhkan minat
belajar siswa, yang
ditunjukkan melalui rasa
senang, perhatian terhadap pelajaran, ketertarikan pada materi, dan
partisipasi aktif. Minat belajar menjadi elemen
penting karena mempengaruhi
motivasi siswa untuk
terlibat secara mendalam
dalam pembelajaran, sehingga berdampak positif pada hasil akademik
mereka.
Sebagai
pelaksana program Sekolah Penggerak angkatan 2 Kabupaten Kuningan, SD Negeri 1
Ciputat menyadari bahwa pendidikan di era digital selain akademik, juga mengembangkan karakter dan
sosial-emosional. Oleh karena itu, SD Negeri 1 Ciputat memprioritaskan
keterampilan seperti empati dan komunikasi yang sangat penting untuk kesuksesan
siswa di masa depan. Kerjasama pihak sekolah
dan keluarga diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang dapat
mendukung pengembangan holistik siswa.
Deskripsi
Praktik Baik Kencana Puspa yang diterapkan di SD Negeri 1 Ciputat
Tujuan
dari Praktik Baik Kencana Puspa yang diterapkan di SD Negeri 1 Ciputat
Kencana
Puspa bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD
Negeri 1 Ciputat, dalam menciptakan lingkungan pembelajaran menyenangkan dan
interaktif, di mana siswa merasa termotivasi untuk belajar.
Langkah-langkah
yang digunakan dalam Pembelajaran di SD Negeri 1 Ciputat
a. Menganalisis Situasi Awal, sebagai berikut:
a) melakukan analisis data rapor pendidikan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam kemampuan literasi dan numerasi siswa.
b) melaksanakan pertemuan dengan orang tua untuk menyampaikan dan mendisukusikan tantangan yang terjadi dalam proses belajar anak-anaknya.
b. Menyusun Rencana Program:
a) menentukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan harapan para orang tua siswa.
b)mengembangkan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai Pancasila yang dapat diintegrasikan
dengan teknologi, seperti digitek asoii (juara 1 ).
Implementasi Kegiatan Belajar
melaksanakan sesi pembelajaran termasuk kegiatan membaca bersama sebelum jam pelajaran dimulai dengan kencana puspa, seraju geulis, dan literasi malam belajar di rumah (lima jarum).
Merancang Program Kolaboratif
mengembangkan program kolaborasi
yang melibatkan para orang tua siswa dalam kegiatan pembelajaran, dengan
partisipasi orang tua siswa sebagai narasumber tamu.
Media
yang digunakan dalam Impementasi Program di SD Negeri 1 Ciputat
a.
melaksanakan
program kencana puspa menyediakan bahan bacaan bermutu, berkualitas, dan
relevan di perpustakaan sekolah.
b. menerapkan
teknologi melalui pemanfaatan chromebook dengan pembelajaran canva dan
workspace education seperti google classroom untuk membuat materi pembelajaran
lebih bermakna, menarik, dan terintegrasi. (digitek asoii).
c. mengimplementasikan
quizizz sehingga pembelajaran menjadi interaktif dan lebih menarik bagi siswa.
d.
menayangkan
video edukatif dari youtube untuk referensi dan memperkaya materi pelajaran.
Hasil dan Dampak
Program
Kencana Puspa di SD Negeri 1 Ciputat telah menunjukkan hasil yang signifikan
dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Berdasarkan
data Rapor Pendidikan Tahun 2023, terjadi peningkatan capaian kemampuan
berliterasi dan bernumerasi di atas 100%, yang menunjukkan bahwa siswa mulai
memahami konsep dasar dan muncul kepercayaan dirinya.
Dampak
dari program ini tidak hanya terasa pada siswa, tetapi juga pada orang tua, dan
guru di komunitas sekolah. Keterlibatan aktif orang tua dalam kegiatan sekolah
telah menciptakan ikatan yang lebih kuat antara rumah dan sekolah. Orang tua
melaporkan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dalam mendukung pembelajaran
anak-anak mereka, sedangkan siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan
antusiasme dalam belajar. Interaksi yang mereka lakukan juga membangun budaya
literasi yang lebih baik di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Perubahan atau Peningkatan yang dicapai
oleh SD Negeri 1 Ciputat:
Setelah melaksanakan
program Kencana Puspa, beberapa perubahan dan peningkatan yang terlihat diantaranya:
a.
Meningkatnya
kesadaran pentingnya literasi di
kalangan siswa dan orang tua, dengan banyak siswa meluangkan waktu untuk
membaca.
b.
Guru-guru
mulai mengadopsi berbagai metode pengajaran yang lebih kreatif dan interaktif.
c.
Meningkatnya
partisipasi orang tua siswa pada program sekolah, termasuk mendampingi
anak-anak saat membaca dan terlibat dalam kegiatan literasi yang diadakan di
sekolah.
Refleksi
atau Evaluasi Terhadap Hasil yang Dicapai:
Pelaksanaan
program Kencana Puspa memberikan banyak pelajaran kepada seluruh pemangku
kepentingan di SD Negeri 1 Ciputat. Salah satu refleksi utama adalah pentingnya
kolaborasi warga sekolah. Perubahan sikap dan pendekatan ini berdampak
terciptanya iklim sekolah lebih inklusif dan mendukung.
Selanjutnya
sebagai bahan evaluasi program Kencana Puspa dilakukan melalui beberapa
pendekatan:
a. Mengadakan
survei atau wawancara sebagai umpan balik dari orang tua dan siswa guna
mengumpulkan testimoni mengenai manfaat dan tantangan yang dihadapi selama
program. Hal ini menjadi masukan berharga untuk perbaikan di masa mendatang.
b. Pertemuan
rutin secara berkala diadakan antar guru untuk membahas kemajuan yang dicapai
dan tantangan yang dihadapi dalam komunitas belajar..
c. Mendokumentasikan
seluruh proses pelaksanaan program, termasuk kegiatan yang dilakukan,
kehadiran, dan hasil yang dicapai berupa jurnal kegiatan untuk menjadi acuan
dalam perencanaan program ke depan.
Kesimpulan
Program Kencana Puspa
di SD Negeri 1 Ciputat telah berhasil dalam meningkatkan kemampuan literasi dan
numerasi siswa, merupakan strategi yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan
minat belajar siswa era digital di SD Negeri 1 Ciputat dengan capaian yang
signifikan dalam Rapor Pendidikan tahun 2023 dan tahun 2024. Melalui kolaborasi
antara siswa, guru, dan orang tua, program ini tidak hanya memperbaiki aspek
akademik, tetapi juga menciptakan pembelajaran menyenangkan dan kreatif.
Kegiatan literasi dengan melibatkan orang tua memberikan dampak positif
terhadap minat baca anak, serta menciptakan kemitraan yang lebih kuat antara
sekolah dan keluarga.
Namun,
tantangan dalam pemahaman teknologi dan akses ke perangkat pembelajaran tetap
menjadi perhatian. Oleh karena itu, penting untuk melanjutkan inovasi dan
pengembangan program guna memastikan keberlanjutan dan peningkatan hasil
pendidikan di masa depan.
Rekomendasi:
a. Mengadakan
pelatihan berkala baik luring maupun daring untuk guru tentang metode
pengajaran literasi dan numerasi yang inovatif.
b. Menginvestasikan
dalam fasilitas teknologi di sekolah dan memberikan akses kepada siswa di rumah
untuk mendukung pembelajaran berbasis digital dan peningkatan keterampilan
literasi digital.
c. Melanjutkan
dan mengembangkan program Kencana Puspa dengan menambahkan kegiatan yang lebih
variatif, seperti diskusi buku, kompetisi membaca, dan kolaborasi dengan
komunitas lokal untuk meningkatkan keterlibatan public atau masyarakat.
d. Membangun kemitraan dengan institusi pendidikan dan perpustakaan daerah guna mendapatkan sumber daya tambahan, buku bacaan berkualitas, dan dukungan dalam bentuk program-program literasi yang dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa.
e. Meningkatkan promosi atau sosialisasi mengenai keberhasilan dan manfaat dari program Kencana Puspa kepada masyarakat luas untuk mendapatkan dukungan dan minat dari pihak luar berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di SD Negeri 1 Ciputat.
Daftar Pustaka
1.Kemendikbudristek.
(2024). Program Sekolah Penggerak. (https://bbgpjabar.dikdasmen.go.id/layanan/program-sekolah-penggerak/, diakses 7 April 2025).
2. Latief,
A. (2023). Peranan Pentingnya Lingkungan Belajar Bagi Anak. Jurnal Kependidikan
Vol. 7 (2), 61-66 (https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1126, diakses 7 April 2025).
3. Nur
Arif, M, dkk. (2025). Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Deep Learning, Junal
Muassis Pendidikan Dasar Vol. 4 (1),
(https://muassis.journal.unusida.ac.id/index.php/jmpd/article/view/989, diakses 7 April 2025).
4. Sumiarsih,
I. (2024). Upaya Meningkakan Cappaian Rapor Pendidikan Melalui Inovasi “Digitek
Asoii,” (https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/295431, diakses 7 April 2025).
5. Sumiarsih,
I. (2024). Kencana Puspa: Sebagai Upaya Mendongkrak Kemampuan Literasi dan
Numerasi di SD Negeri 1 Ciputat, (https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/665375, diakses 7 April 2025).
6. Sumiarsih,
I. (2024), Video Pengenalan Sekolah oleh Narasumber Asyik (PESONA SDUCI), ( https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/793764, diakses 7 April 2025).
7. Sumiarsih,
I. ((2023), Video Juara 1 Praktik Baik Digitek Asoii dan Penganugerahan ATRAKSI
BBGP Provinsi Jawa Barat, (https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/538848, diakses 7 April 2025).
8. Sumiarsih,
I. (2023), Video Seraju Geulis, (https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/441103, diakses 7 April 2025).
Lampiran
Dokmentasi Kegiatan
1.
https://youtu.be/zEsy9TVorC4?si=qgqCdJAiEKsyfBGA
2.
https://youtu.be/_5wSuV_FbgQ?si=jRJN3-7lvq5UagGj
3.
https://youtu.be/pZaTGdu7egM?si=kEVhBR5fh34WVuAp